Minggu, 23 Oktober 2011

Karnaval budaya Tidore

[halmaheranews-TIDORE-21/5/2011] Karnaval adat Tidore yang digelar Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (TK) Indonesia (IGTKI) Kota Tidore Kepulauan, kamis (19/5) sore lalu, mendapat perhatian serius dari ribuan orang.Karnaval tersebut melibatkan sekitar 1500 orang siswa TK se Kota Tidore Kepulauan dengan mengenakan berbagai ragam pakaian adat Tidore dan pakaian nasional, mereka berjalan kaki sejauh sekitar 1 km dari depan SMP N 1 Tidore menuju tempat finis Kantor Walikota Tidore.
Sepanjang jalan yang dilalui, mereka mendapat sambutan meriah dari ribuan orang yang memadati tepi jalan. Saking banyaknya warga yang ingin melihat dari dekat gaya dari anak usia dini tersebut hingga membuat arus lalulintas sepanjang jalan taman siswa, jalan Pattimura, Jalan Nuku II dan sebagian jalan Sultan mansur macet total.
Para para pengendara kendaraan roda dua, empat maupun angkutan umum dan bentor beserta penumpangnya turun dari angkot dan bentor menyaksikan dari dekat aksi siswa TK yang mengenakan.mulai dari pakaian upacara adat, perkawinan, pakaian adat untuk prosesi jako seruko, pakaian dan peralatan yang digunakan petani, nelayan, tukang batu, tukang kayu, hingga pakain nasional lainnya diperagakan secara apik.
Saat tiba di Kantor Walikta, para peserta karnaval diterima oleh Walikota H. Achmad Mahifa. Menariknya anak-anak usia dini ini ketika melewati panggung utama, mereka memberikan penghormatan secara adat suba kepada Walikota H. Achmad Mahifa dan undangan lainnya.
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Tidore Kepulauan, di sela-sela pelepasan peserta Karnaval menjelaskan bahwa kegiatan Karnaval Adat Tidore tersebut sebagai salah satu upaya positif untuk memperkenalkan nilai-nilai adat dan budaya Tidore kepada siswa TK sejak dini.
Ketua IGTKI-PGRI Kota Tidore Kepulauan Ny. Hamidah Hamid, S.Pd, mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional, HUT Pemerintahan Kota Tidore Kepulauan Ke 8 dan HUT IGTKI Ke 61 tahun 2011.(end)

sumber ;http://halmaheranews.com/2011/05/21/karnaval-budaya-1500-siswa-taman-kanak-kanak-di-tidore/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar